Cute Deer Hearts

Wednesday, March 11, 2015

CHEESE CRISPS

CHEESE CRISPS


Setelah beberapa lama sibuk dan tidak sempat masuk dapur, akhirnya hari Sabtu kemarin saya dan adik saya menyempatkan untuk mencoba resep baru. Kebetulan juga oven lama mama sudah bisa dipakai setelah sekian tahun hanya jadi properti dapur. 

Kali ini kami membuat kue kering. Kue kering ini jadi oleh-oleh yang terkenal dari kota Surabaya. Karena di Jakarta susah beli nya, yuk kita coba buat sendiri. Resep yang saya gunakan saya ambil dari sini. Resep aslinya memakai taburan almond, tapi kami skip. Sebagai gantinya kami menggunakan parutan keju gouda yang dicampur dalam adonan dan dijadikan topping.

Berikut resepnya

Almond Cheese Crisps


Bahan:

50 gr mentega
90 gr gula halus
2 putih telur
90 gr tepung terigu protein rendah (saya: pakai terigu kunci)
almond slice secukupnya untuk taburan (saya: skip)
keju cheddar parut secukupnya untuk taburan (saya: 3 sdm keju gouda parut untuk dicampur dalam adonan + keju gouda parut secukupnya untuk taburan)

Cara:
Campur mentega dan gula, kocok hingga lembut dan pucat.
Masukkan putih telur, kocok rata.
Masukkan terigu, aduk rata.
(saya: Masukkan parutan keju, aduk rata).
Ambil setengah sendok teh adonan, pipihkan di atas loyang yang dialasi kertas roti (saya: dialasi silpat) hingga membentuk lingkaran yang tipis dengan bantuan sendok.
Taburi dengan almond dan keju parut secukupnya (saya: hanya keju parut)
Oven selama kurang lebih 15 menit dengan suhu 220 C hingga kecokelatan (saya: oven dengan suhu 150 C selama kurang lebih 10 menit).



Hasilnya ternyata cukup enak. "cukup" karena masih terlalu tebal bila dibandingkan dengan aslinya, hehe.. 
Kesulitannya saya rasa untuk membuat lingkaran yang tipis sekali dengan ketebalan yang rata. Beberapa keping cheese crisps kami lebih tebal di bagian tengah, sehingga menyulitkan saat dipanggang karena tidak bisa matang merata.

Perhatikan saat memanggang ya, jangan ditinggal karena cheese crisps ini mudah gosong. Loyang juga sebaiknya diputar supaya warna matangnya cantik merata.

Bila cheese crisp ini sudah tidak panas lagi, segera simpan dalam toples karena dia mudah menyerap kelembaban.

Next kami mau buat yang rasa cokelat dan green tea, atau mungkin rasa lainnya :)


Love,
Marieska

No comments:

Post a Comment