Cute Deer Hearts

Monday, December 2, 2013

All time favourite cheesy crust pizza


Udah lama banget ga makan pizza sejak pindah rumah ke kampung sini. Jadilah browsing2 nyari resep dough pizza yang enak dan simple. Ketemu blognya Mbak Endang di JTT. Ini udah bikin yang ke sekian kali saking suka nya :D Resep aslinya ada disini JTT ya.

Resep doughnya bener2 ga susah dan yang lebih menyenangkan, adonan dough bisa disimpan di chiller kalau belum mau digunakan. Penyimpanan di chiller hanya 1-3 hari ya. Kalau mau disimpan lebih lama, bisa disimpan di freezer. Asik kan :D

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
1 3/4 sdt garam halus
1 sdt yeast (ragi instans)
4 sdm minyak sayur
400 ml air es

Cara membuat:
Di dalam sebuah mangkuk besar, masukkan tepung terigu dan ragi. Aduk hingga benar-benar tercampur rata. Setelah rata, masukkan garam, aduk hingga rata. (kata Mbak Endang, garam dapat mematikan ragi. Jadi tepung terigu dan ragi harus tercampur dengan benar baru masukkan ragi).

Masukkan air es dan minyak ke dalam mangkuk. Biarkan hingga air dan minyak terserap oleh tepung. 

Uleni adonan hingga menjadi lembut. Bila adonan terasa hangat, celupkan tangan ke dalam air es. Lakukan sampai adonan tidak menempel pada sisi-sisi mangkuk, tapi masih menempel pada dasar mangkuk. Bila adonan terlalu kering, tandanya tidak menempel pada dasar mangkuk, ciprati dengan air es. Sebaliknya bila adonan terlalu lengket sehingga menempel pada sisi mangkuk, taburi dengan sedikit tepung terigu. Adonan harus lentur, lembut dan agak lengket.

Bagi adonan menjadi 2 bagian, tergantung dari besar loyang yang digunakan. Bentuk menjadi bola, taburi dengan tepung.

Siapkan plastik bening yang cukup besar, masukkan minyak ke dalam plastik. Masukkan bola adonan ke dalam plastik. Simpul ujung plastik dengan kuat. Dough siap untuk disimpan dan dipakai sewaktu-waktu.. Masukkan dough ke dalam chiller bila ingin digunakan dalam waktu 1-3 hari. Bila ingin disimpan lebih lama, simpan dalam freezer, kemudian keluarkan dough bila ingin digunakan. (saya keluarkan dough sejak pagi bila ingin membuat pizza pada malam hari)

Bahan saus:
1 bungkus saus spaghetti dalam kemasan
daging giling secukupnya (saya tidak pakai)
gula pasir secukupnya
lada secukupnya
pala secukupnya
1 buah bawang bombay 

Bahan topping:
1 buah sosis sapi, iris tipis-tipis
1 lembar smoked beef, potong kecil-kecil
keju mozarella, iris-iris
cheese filling, iris-iris
mayonaise secukupnya
saus sambal botolan secukupnya
gula pasir secukupnya



Cara membuat:
Tumis bawang bombay hingga harum, masukkan daging giling bila suka (saya tidak pakai karena tidak punya :D). Masak sampai daging berubah warna.

Tuang saus spaghetti, beri gula, lada, pala, masak sampai mendidih. Cicipi apakah rasanya sudah sesuai.

Keluarkan adonan dari kulkas, uleni sebentar agar lemas. Oles loyang dengan minyak, letakkan adonan di atas loyang. Pipihkan dan lebarkan adonan dengan tangan. Tusuk-tusuk adonan.

Letakkan cheese filling di sekeliling pinggir adonan. Tarik tepi adonan, tutup cheese filling, rekatkan kembali adonan. Oles saus spaghetti.


Untuk mayonaise:
Campur mayonaise dengan gula pasir dan saus sambal. Aduk rata, cicipi rasanya.

Tata sosis, smoked beef, dan mayonaise. Tutup dengan mozarella.




Panggang pizza dengan suhu tinggi (aku 180-200) kurang lebih 40 menit. Bila topping belum matang tapi topping sudah kering, tutup dengan alumunium foil, lanjutkan memanggang.


Rasanya benar-benar enaakk.. Ga kalah sama resto-resto pizza itu. Maafkan foto yang seadanya ya. :D



No comments:

Post a Comment