Cute Deer Hearts

Tuesday, September 16, 2014

PUDING SANTAN GULA JAWA



Ini salah satu cemilan kesukaannya si papa. Beliau sampai rela mampir ke indomaret waktu kita pulang kerja, untuk beli santan. Padahal sudah cape dan mau istirahat, hehe..

Resep ini asalnya dari mama dengan proporsi "kira - kira" yang akhirnya saya takar benar - benar. Yah karena mama sudah ahli, kira - kira saja sudah bisa menghasilkan makanan - makanan yang enakk. Tapi karena saya masih cupu, ya semua ditakar saja dulu yaa :D

Cara membuatnya super mudah. Tipsnya agar mendapatkan dua lapisan puding adalah penggunaan santan kental asli yang dicampur dengan santan encer. Karena kali ini saya menggunakan santan kotak, maka tidak terbentuk dua lapisan puding. Pada penggunaan santan segar, setelah dimasak dan didiamkan dalam cetakan, santan tersebut akan terpisah antara kental dan encer, sehingga membentuk dua lapisan yang cantik. Untuk rasanya, sama - sama enak. Tapi bila puding terbentuk dua lapisan, teksturnya akan sedikit berbeda antara kedua lapisan tersebut. Itu yang membuat papa saya suka. Beliau suka menikmati lapisan puding tersebut satu persatu, hehe..


Berikut ini resep ala mama saya
Puding Santan Gula Jawa
ala Omah Adel :D

Bahan:
300 gr gula jawa
500 ml air
800 ml santan
garam secukupnya
2 batang daun pandan
2 bungkus agar - agar

Cara membuat:
1. Rebus gula jawa dengan air. Beri daun pandan. Bila gula sudah larut, saring agar kotoran pada gula jawa tidak ikut dalam puding.
2. Masukkan sisa bahan, rebus sambil diaduk hingga mendidih.
3. Tuang dalam cetakan agar yang telah dibasahi dengan air matang. Dinginkan.

Ini puding yang menggunakan santan instan. Tidak terlalu terbentuk 2 lapisan ya.

Ini puding yang menggunakan santan asli. Dapat dilihat lapisannya kan. Cantik ya :)



Love,



No comments:

Post a Comment