Cute Deer Hearts

Sunday, September 20, 2015

Super Soft Asian Bread (NCC Cibubur Weeks)



Untuk saya dan adik saya, weekend adalah saatnya mencoba resep-resep baru. Sayangnya beberapa weekend lalu saya sibuk sekali, jadi pas ada waktu di weekend ini, pas pula ada event NCC Cibubur Weeks Kreasi Roti, jadi kemarin kami mencoba resep roti yang diklaim lembut. Resep saya ambil dari sini.

Sebagian saya buat roti gulung cokelat, sebagian saya isi dengan saus pizza dengan jamur tiram yang kemarin saya panen sendiri. Rencananya roti dengan isi saus pizza ini ingin saya buat monkey bread. Tapi karena jumlahnya nanggung dibandingkan dengan ukuran loyang yang saya punya, akhirnya roti isi saus pizza ini jadi roti sobek biasa saja.


Untuk monkey bread, bagi yang belum pernah dengar, berikut penjelasannya saya ambil dari wikipedia.
Monkey bread juga disebut monkey puzzle bread, sticky bread, African coffee cake, golden crown, pinch-me cake, pluck-it cake, bubbleloaf dan monkey brains adalah pastry yang manis, lengket, liat, yang disajikan untuk sarapan di Amerika Serikat. Asal usul nama monkey bread tersebut masih belum jelas. Monkey bread ini terbuat dari adonan roti yang dipanggang dalam loyang kue dengan suhu tinggi setelah dicelup dengan mentega leleh, kayu manis, gula dan kacang cincang. Umumnya dihidangkan panas sehingga mudah dirobek dan dimakan dengan tangan.

Untuk monkey bread dalam imajinasi saya, saya menggunakan saus pizza. Untuk menambah serat ke dalam saus pizza saya, saya menumis jamur tiram hasil panen saya kemarin dan saya tambahkan ke dalam saus pizza tersebut. Hasilnya YUMMY! *happy face*
Jamur tiramnya ada yang putih dan pink *maafkan kualitas foto* *ini di meja marmer ya, bukan di lantai*


Berikut resep rotinya

Super Soft Asian Milk Bread
dimodifikasi dari yireservation.com
Bahan:
Water roux (TangZhong):
25 gr tepung (saya menggunakan tepung cakra)
100 ml susu (saya menggunakan susu bubuk yang dicairkan dengan 100 ml air hangat)

Adonan roti:
330 gr tepung protein tinggi (saya menggunakan tepung cakra)
115 gr water roux yang telah didinginkan
1 telur besar, sekitar 60gr + telur untuk egg wash
5 gr ragi aktif + 35 ml susu hangat atau air (saya menggunakan susu)
70 ml heavy cream (saya menggunakan 35 ml heavy cream + 35 ml susu)
50 gr gula (saya menggunakan 75 gr gula)
4 gr garam (saya menggunakan secubit saja)
30 gr mentega pada suhu ruang

Cara membuat water roux:
1. Dalam panci kecil, campur susu dan tepung. Aduk dengan whisk sampai tidak ada gumpalan tersisa.
2. Letakkan panci di atas api kecil sambil terus diaduk untuk mencegah terbentuknya gumpalan. Dalam sekitar 3 menit, adonan akan mengental. Tetap aduk kurang lebih 2 menit lagi sampai adonan menjadi lembut. Anda seharusnya sudah dapat melihat soft peak dari adonan roux. Dinginkan sebelum digunakan. (saya aduk sampai terlihat garis adukan pada adonan)



Cara membuat adonan roti:
1. Tes keaktifan ragi dengan 30 ml susu hangat. Lewatkan step ini bila anda menggunakan ragi instant.
2. Campur semua bahan roti kecuali mentega. Uleni adonan sampai kalis.


3. Masukkan mentega lunak, uleni sampai elastis.


4. Diamkan sampai adonan menjadi 2x lipat.


5. Bila adonan sudah mengembang 2x lipat, kempeskan untuk membuang udara yang terperangkap dalam adonan. Uleni sebentar dan bagi sesuai yang anda mau.
6. Bulatkan adonan yang telah dibagi, istirahatkan 10 menit sambil ditutup dengan lap bersih.


7. Ambil adonan giling atau bentuk sesuai yang anda inginkan.

Ini yang saya bentuk menjadi roti gulung cokelat.

Ini yang saya jadikan monkey bread, saya tabur dengan mozzarella

8. Diamkan hingga mengembang.
9. Oles permukaan roti dengan telur.
10. Panggang roti dengan suhu 180 C sampai matang.

Ini roti gulung cokelat saya. Agak terlalu eksotis warnanya tapi yasudahlahsiapapeduliyangpentingenaakk ^_*


Sekarang lihat serat rotinya ya..

Lihat lebih dekat lagi..

Tekstur rotinya lembuuuttt. Kalau dibandingkan dengan potato buns yang pernah saya buat sebelumnya, jujur saya lupa yang mana lebih lembut karena sudah lama sekali. Tapi resep ini menang dari ketidakribetannya untuk mencuci-menyikat kentang, mengupas kentang, mengukus kentang, dan melumatkan kentang.

Jadi bila ada kentang nganggur, buatlah potato buns. Tapi bila tidak ada kentang nganggur atau tidak ingin repot dan ingin makan roti super lezat, belilah di toko roti buatlah roti ini. Water roux menjadikan resep ini juara.

Thanks Yi for sharing this recipe :)

Yuk jangan dilihat doang, dibuat dong. Jangan 1 resep, nanti kurang. 2 resep saja, atau 3 resep. Saya terima japrem loh ^^


Love,
Marieska

No comments:

Post a Comment