Cute Deer Hearts

Tuesday, December 22, 2015

Chicken Kung Pao ala-ala


Sudah lama kangen masakan chicken kung pao. Sudah beli dada ayam, tinggal cari resep. Kali ini menggunakan resep dari Mbak Endang pemilik blog Just Try and Taste. Sudah beberapa kali mencoba resep yang ada di blog Mbak Endang dan semuanya selalu enaakkk. Thanks Mbak Endang ^_^

Kenapa dinamakan chicken kung pao ala-ala? Karena chicken kung pao ini minim garnish yang seharusnya ada di masakan chicken kung pao. Chicken kung pao saya hanya menggunakan dada ayam yaiyalahnamanyajugachickenkungpao dan kacang mete goreng. Cabai merah kering yang selalu ada dan paprika yang ada di resep Mbak Endang entah bersembunyi di dapur saya sebelah mana. Malas mencari jadilah diskip saja. Toh hero-nya tetap si ayam, dan judulnya tetap chicken kung pao, bukan chili kung pao *abaikan*.

Saya menggunakan bagian dada ayam yang saya potong kotak-kotak kurang lebih 3-4 cm supaya tidak keras karena potongan yang terlalu kecil.

Berikut resepnya:
Kung Pao Chicken
JTT
untuk hasil 4 porsi

Bahan dan bumbu:
350 gr fillet ayam, potong sebesar 3x3 cm (saya : 400 gr bagian dada)
1 sdm kecap asin
1/2  sdt merica hitam tumbuk kasar (saya: lada biasa)
1 sdm maizena (saya: 1,5 sdm)
Aduk rata bahan di atas, diamkan 20 menit di kulkas (saya: diamkan selama saya menyiapkan bahan lain sampai saya siap menumis ayam)
3 batang daun bawang. Rajang kasar bagian hijau. Potong sepanjang 2 cm dan belah dua memanjang bagian putihnya. (saya: iris halus memanjang bagian putih)
1/2 buah paprika hijau (optional), potong kotak 2x2 cm
1/2 buah paprika merah (optional), potong kotak 2x2 cm
3-4 sdm kacang mete, goreng hingga matang (bisa diganti dengan kacang tanah goreng) (saya: 1 genggam kacang mete, tapi terlalu sedikit. Lain kali ditambahkan lagi)
4 siung bawang putih, cincang halus
2 ruas jahe, cincang halus
20 buah cabai merah kering, potong sepanjang 1 cm (saya: 1 buah cabai rawit iris halus)
2 sdm minyak untuk menumis)

Bahan saus kung pao:
2 sdt cabai bubuk (saya: skip)
1 sdm saus tiram
1 sdm soy sauce (kecap asin)
3 sdm saus cabai botol
2 sdm saus tomat (saya: skip karena tidak punya)
2 sdm gula palem / gula merah sisir
1/2 sdm gula pasir
1/2 sdt kaldu bubuk (optional)
1/4 sdt garam
air jeruk nipis dari 1 buah jeruk
1/2 sdt merica hitam bubuk (saya: lada biasa)

Cara:
Siapkan ayam, campur dengan bumbu marinasi, diamkan dalam kulkas sambil menyiapkan bahan lain.
Goreng kacang mete hingga matang.
Siapkan cabai merah kering, potong dengan gunting sepanjang 1 cm. Cabai merah kering memiliki banyak biji, buang bijinya dengan meletakkan potongan cabai ke dalam wadah berlubang. Letakkan wadah berisi cabai di atas mangkuk, goyang-goyangkan wadah cabai dan biji cabai akan jatuh ke wadah di bawahnya.
Siapkan mangkuk kecil, masukkan semua bahan saus kung pao, aduk rata, sisihkan.
Siapkan wajan, gunakan api sedang saat memasak. Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bawang putih, jahe, cabai merah kering hingga mengeluarkan bau harum dan bawang putih matang, cabai terlihat sedikit kecoklatan.
Masukkan ayam, aduk dan tumis hingga ayam berubah warna menjadi sedikit kecoklatan. Aduk-aduk selama ayam dimasak supaya tidak gosong.
Tumisan ayam tidak mengeluarkan air, jika mengeluarkan air, masak hingga air habis.
Masukkan saus kung pao yang telah diaduk menjadi satu sebelumnya. Aduk tumisan hingga rata. Masak hingga tumisan mendidih, ayam matang dan saus mengental. Tambahkan paprika, daun bawang, aduk dan tumis hingga paprika layu.
Masukkan kacang mete goreng, cicipi rasanya, sesuaikan manis dan asin saus.
Angkat dan hidangkan dengan nasi panas. Jangan memasak hingga sayuran menjadi terlalu empuk. Pertahankan supaya paprika tetap terasa renyahnya.

Hasilnya enaaakkk. Chicken kung pao ini ludes tandas dengan cepat. Pasti akan dimasak lagi dan lagi dan lagi nantinya ^_^


love,
Marieska

No comments:

Post a Comment