Cute Deer Hearts

Monday, January 6, 2014

Fancy Roll Cake

Fancy Roll Cake


Weekend kemarin sempet bikin PR dari KBB, yaitu classic baguette. Udah disiapin dari malam sebelumnya, nunggu ngembangnya juga lamaaa, eehh bantat!! Haha.. 

Buat mengobati kekecewaan, ngubek2 resep lagi, akhirnya memutuskan mau bikin fancy roll cake yang udah lama banget mau dicobain. Kali ini pakai resep Mbak Wiek Jacob dari FB NCC. Resepnya lebih simpel daripada resep lain, bahannya pun uda komplit di rumah, yuks mari dicoba.

Sempet panik waktu bikin ini, karena waktu bahan2 udah dicampur semua, tinggal dikocok, eh si papa minta dijemput di pramuka. Setelah ngitung2 waktu berdua si dede, kayanya masih sempet nih dibikin walaupun mepeett dan pastinya nanti harus rada ngebut (rada loh ya :D)

Berikut resepnya, aku kopi langsung dari file FB NCC
sumber: Wiek Jacob

Bahan A :
4 kuning telur
120 gr terigu
1/2 sdt garam
1 sdt baking powder
100 ml minyak sayur
150 ml susu UHT
semua bahan di campur jadi satu wadah (baskom), aduk pake whisker/spatula sampai tercampur rata. sisihkan.

Bahan B :
4 putih telur
100 gr gula pasir
di kocok sampai kembang dan kaku, sisihkan.

Bahan A yang sudah tercampur rata, tuang sedikit demi sedikit sambil di aduk pakai spatula ke bahan B (putih telur yang sudah kembang dan kaku), aduk perlahan sampai tercampur rata. Ambil beberapa bagian yg akan di beri warna (sesuai motif yg akan kita bikin) masukkan ke dalam plastik segitiga, gunting kecil ujungnya.

Panaskan oven di suhu 150 dercel (atau sesuaikan dgn oven masing2)
*note : beberapa oven lainnya menggunakan suhu standar memanggang cake yaitu sekitar 170an dercel

2 buah loyang ukuran 22 x 22, olesi dengan mentega, beri alas kertas roti yg sudah di gambar pola, kemudian olesin lagi tipis2 saja mentega diatas kertas rotinya. 
Mulailah menggambar dari detil motif yang kecil, lalu lanjutkan ke motif yang lainnya, masukkan oven selama 1 menit, keluarkan, lalu timpa perlahan2 dengan adonan dasar, panggang kembali sampai matang. (lebih kurang 12-15 menit). 
Angkat, lalu keluarkan dari loyang dalam keadaan terbalik, buka kertas nya perlahan2, lalu balikkan kembali cake hingga posisi motif berada di bagian bawah cake. biarkan agak dingin, lalu olesi dgn filling sesuai selera, gulung, padatkan, dan siap di sajikan :)




Cake setelah kertasnya dilepas


Hasilnya cake yang lembut tapi padat. Kata mama yang mantan tukang kue sih ga bantat, enakk. Kalau si papa malah nanya, agak bantat ya, kok padat? Hahaha..

Bikinnya 2x. Yang pertama retak. Ceritanya, setelah cake dikeluarin dari oven, langsung dilepas dari loyang, dilepas pelan pelaaann dari kertas desainnya, trus langsung aku gulung, karena takut patah kalau digulung setelah cake dingin. Yang jadi penyebab patah, setelah digulung, cake kita tinggal dulu karena harus jadi anak baik yang jemput si papa. Cake baru dibuka waktu kita pulang, sekitar 2,5 jam kemudian -__-! Jadilah begitu dibuka gulungannya langsung retak padahal belum dioles filling. Mungkin seharusnya udah ga perlu dioles filling lagi yah. Toh udah enak juga cake nya. 
Oleh karena ituuuu, jadi setelah dinner, bikin satu lagi, masih penasaran. Yang kali ini lumayan sukses, ga patah. Sayang masih ga sempurna. Chocolate ganache nya belum terlalu padat waktu dijadiin filling. Akibatnya beleberan deh. Trus gulungannya juga belum bulat. Sebenarnya waktu menggulung sih udah bulat, eh kok setelah dingin dia jadi agak gepeng ya. Gapapa deh, yang penting rasanya enaakkk ^^

Cake pertama

Cake kedua



No comments:

Post a Comment