Cute Deer Hearts

Sunday, August 10, 2014

Choux Pastry ala Pak Sahak




Ini kesekian kali nya saya dan adik saya bikin kue sus atau choux pastry. Kali ini kami mencoba resep Pak Sahak. Resep saya lihat dari blognya Mbak Lisa di Dapur Vanilla. Resep fillingnya juga saya menggunakan resep Mbak Lisa.

Rasanya enaaaaakkkk sekali. Menurut yang coba saat baru matang, toppingnya garing sekali. Sayangnya karena saya mau medical check up, terus lanjut pergi seharian, saya baru coba setelah sampai rumah, sore. Sudah tidak garing, tapi masih enaakk sekali. Fillingnya seperti es krim. Nyam nyam nyam..

Papa saya suka sekali. Beliau terutama suka tipe kue sus yang garing. Kalau mama saya, katanya lebih suka kue sus jadul yang tanpa topping. Fillingnya juga si mama lebih suka vla biasa, bukan yang krim.

Berarti lain kali, setengah kue sus diberi topping dan setengah tanpa topping. Terus setengah diberi isian vanilla krim, setengahnya lagi vla biasa. 

Untuk vla nya, saya biasa pakai resep Mbak Hesti. Kalau mau vla cokelat, susu cairnya bisa diganti jadi susu cokelat. Gula disesuaikan agar tidak terlalu manis.


Berikut resepnya saya ketikkan lagi ya :)

Soes Jepang ala Pak Sahak
Kulit sus:
100 gr butter
110 gr air
1 sdt garam (saya skip)
120 gr tepung terigu (saya pakai segitiga biru)
3 butir telur ayam ukuran sedang

Topping: (saya buat 2 resep)
50 gr butter
50 gr gula halus
50 gr tepung terigu (saya pakai segitiga biru)
1 sdm air

Cara membuat:
Topping:
Campur semua bahan dalam satu wadah, kocok sampai lembut dan masukkan ke dalam plastik segitiga.

Kulit sus:
Rebus butter, air dan garam sambil diaduk sampai mendidih.
Masukkan terigu, aduk rata. Kecilkan api, masak terus sambil diaduk sampai kalis. Angkat dan dinginkan.
Tambah telur sedikit sedikit sambil dikocok rata. Masukkan dalam kantung plastik segitiga. Semprot dengan spuit di loyang yang sudah dioles margarin.
Semprot bahan topping di atasnya.
Oven dengan suhu 180C selama 35 - 45 menit sampai matang dan kering.
Beri filling setelah sus dingin dan menjelang disajikan.

Vanilla krim
250 ml susu cair
75 gr gula pasir
3 sdm tepung maizena
1/8 sdt garan (saya skip)
2 butir kuning telur
1 batang vanilla pod, keruk isinya (saya pakai 1 sdt vanilla L'arome)
300 gr whipped cream cair atau 100 gr whipped cream bubuk + 200 ml air es, kocok sampai soft peak

Cara membuat:
Campur kuning telur dengan maizena, tambahkan sedikit susu cair (6 sdm), aduk rata sampai tercampur semuanya. Sisihkan.
Rebus susu bersama gula dan garam sambil diaduk. Jaga jangan sampai mendidih. 
Masukkan campuran kuning telur, aduk rata. Masak sampai meletup-letup.
Masukkan vanilla bean, aduk rata. Matikan api. 
Dinginkan vla sambil sesekali diaduk agar tidak berkulit.
Tambahkan whipped cream sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Dinginkan.





Vla Vanilla
600 ml susu cair (1/2 kaleng susu kental manis yang dicampur air sampai 600 ml) -> saya pakai susu cokelat
2 butir kuning telur
30 gr maizena + 20 gr terigu
gula secukupnya
1/4 sdt garam
1 bks vanilla bubuk
1 sdm butter

Cara membuat:
Campur semua bahan kecuali butter, aduk sampai rata dan halus. Kalau perlu disaring.
Masak sampai meletup-letup.
Masukkan butter.
Sisihkan.



Yuk dicoba, enak loh ^^

Love,



No comments:

Post a Comment